logo blog
Advertise 728x90

Mengobati Diabetes dengan Brotowali

Mengobati Diabetes dengan Brotowali

Tanaman Brotowali memang telah lama dikenal sebagai tanaman obat. Brotowali terkenal dengan rasanya yang pahit, mungkin rasa pahitnya hampir sama dengan tanaman herbal lainnya, Sambiloto. Tanaman ini memiliki nama berbeda di beberapa negara, misalnya di China, Brotowali lebih dikenal dengan sebutan guo zhiang lung. Sedangkan, di Malaysia disebut dengan Patawali.
Biasanya, tanaman ini tumbuh liar di hutan, ladang, ataupun merambat ke pagar di pekarangan rumah. Brotowali termasuk jenis tanaman yang mudah dikenali dari bentuk daunnya yang menyerupai hati, dengan daun tunggal, berbunga kecil, dan berwarna hijau muda. Batangnya sendiri sebesar jari kelingking dan juga memiliki bentol-bentol.

Pikroretin merupakan zat pahit dalam brotowali. Karena kandungannya inilah brotowali memiliki rasa pahit yang sangat terkenal. Akan tetapi, dengan adanya zat pahit ini, kerja sel saraf pernapasan dapat terangsang dengan baik sehingga kerja sistem pernapasan pun menjadi lebih baik. Selain bermanfaat untuk pernapasan, senyawa pikroretin bersama dengan alkaloid sangat baik dalam menurunkan panas (antipiretik). Selain pikroretin, brotowali mengandung zat terpen yang bermanfaat dalam pengobatan hepatitis.Terpen ini bersifat hepaprotektor atau pelindung hati sehingga dapat melindungi hati dari kanker hati.

Mengenai manfaatnya sendiri, brotowali juga digunakan untuk penderita diabetes, dikarenakan kandungan brotowali yang bersifat antidiabetik.
Sedangkan cara membuat ramuan Brotowali untuk mengobati diabetes sangatlah sederhana. Siapkan beberapa batang Brotowali yang telah dipotong-potong, daun Sambiloto, dan juga daun Kumis kucing secukupnya. Setelah dicuci bersih, rebuslah dengan menggunakan sekitar 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa sekitar 1,5 gelas lagi.

Setelah air rebusannya dingin, saring dan minumlah sebanyak 2 kali dalam sehari sebanyak ½ gelas saja. Anda harus secara rutin melakukannya untuk mendapatkan hasil maksimal. Selain untuk mengobati penyakit diabetes, Brotowali juga bisa diracik untuk mengobati berbagai jenis penyakit lain.

Share this:

Enter your email address to get update from Rogerhaus - Portal Kesehatan.

No comments

Rogerhaus adalah portal berita kesehatan yang ditulis sendiri menurut pengalaman selama ini, terima kasih telah berkunjung. Silakan beri opini Anda tentang artikel ini.

Copyright © 2015. Rogerhaus - Portal Kesehatan - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger