logo blog
Advertise 728x90

Mengatasi fatique atau CFS dengan Daun Kemangi

Mengatasi fatique atau CFS dengan Daun Kemangi

Lelah setelah bekerja keras memang wajar, tetapi mudah lelah bisa jadi sesuatu yang tidak wajar. Apalagi hal itu sering terjadi berulang ulang dalam keseharian anda. Oleh karena itu satu kata, waspadalah.
Pasalnya, kelelahan semacam itu dapat disebabkan oleh suatu penyakit yang tiba-tiba menyerang Anda. Penyakit itu bernama Choric Fatique Syndrome (CFS), atau yang lebih dikenal dengan istilah fatique.Sejatinya, banyak cara yang dapat ditempuh untuk menanggulangi dan mencegah fatique, mulai dari cara-cara tradisonal atau herbal sampai medis. Dan penanggulangannya pun bisa bermacam macam biayanya, dari murah sampai mahal.
Padahal ada satu cara tradisional atau herbal yang paling mudah, murah, dan praktis serta ampuh menanggulangi dan mencegah penyakit ini adalah dengan memanfaatkan daun kemangi.
Daun kemangi sebenarnya merupakan hibrida yang digolongkan antarjenis selasih yakni Ocmum Americanum dan juga Ocinum Basilicum. Kemangi juga banyak dikenal dengan nama ilmiah Ocimum Basilicum Var. Anisatum Benth. Wewangian khas daun kemangi ini bersumber dari senyawa sitrat yang ada terutama pada bagian bunga dan daunnya. Tak hanya atsiri, daun kemangi juga mengandung sejumlah senyawa penting antara lain seperti senyawa 1-8 sineol, zat arigin, senyawa anetol, zat flavonoid, boron, stigmasterolnya, eugenol, betakaroten, magnesium, Zat triptofan, dan masih banyak lagi lainnya.
Menurut “Daftar Komposisi Bahan Makanan” Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI, kemangi termasuk sayuran kaya provitamin A. Setiap 100 g daun kemangi terkandung 5.000 SI vitamin A. Kelebihan lainnya, kemangi termasuk sayuran yang banyak mengandung mineral kalsium dan fosfor, yaitu sebanyak 45 dan 75 mg per 100 g daun kemangi.

Cara mengolah kemangi untuk obat fatique
Anda hanya perlu menyiapkan segenggam daun kemangi dan air panas secukupnya. Setelah itu, cuci bersih daun kemangi tersebut lalu seduh dengan air panas. Setelah dingin, minum sekaligus. Nah, Anda bisa meminum ramuan tersebut sebanyak 1-3 kali sehari.

Dan yang biasa suka lalap dengan kemangi juga gak ada salahnya untuk meneruskan kebiasaan tersebut, karena ternyata nggak hanya sebagai pelengkap ternyata justru banyak manfaat yang terkandung di dalamnya.

Share this:

Enter your email address to get update from Rogerhaus - Portal Kesehatan.

No comments

Rogerhaus adalah portal berita kesehatan yang ditulis sendiri menurut pengalaman selama ini, terima kasih telah berkunjung. Silakan beri opini Anda tentang artikel ini.

Copyright © 2015. Rogerhaus - Portal Kesehatan - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger