logo blog
Advertise 728x90

Menambah produksi ASI dengan daun katuk

Menambah produksi ASI dengan daun katuk

Katuk atau bahasa latinnya Sauropus androgynus merupakan tumbuhan sayuran yang banyak terdapat di Asia Tenggara. Tanaman ini berbentuk perdu. Dengan tinggi mencapai 2-3 m. Cabang-cabang agak lunak dan terbagi Daun tersusun selang-seling pada satu tangkai, berbentuk lonjong sampai bundar dengan panjang 2,5 cm dan lebar 1,25-3 cm. Bunga tunggal atau berkelompok tiga. Buah bertangkai panjang 1,25 cm. Tanaman katuk dapat diperbanyak dengan stek dari batang yang sudah berkayu, panjang lebih kurang 20 cm disemaikan terlebih dahulu. Setelah berakar sekitar 2 minggu dapat dipindahkan ke kebun. Jarak tanam panjang 30 cm dan lebar 30 cm. Setelah tinggi mencapai 50-60 cm dilakukan pemangkasan agar selalu didapatkan daun muda dan segar.

Dengan banyaknya kandungan yang terdapat dari daun katuk, membuat sayuran ini banyak memiliki manfaat bagi tubuh manusia, antara lainnya adalah :

Menambah produksi ASI
Bagi Anda ibu hamil dan ibu menyusui sangat disarankan untuk rajin mengkonsumsi daun katuk dan bisa diolah menjadi sayur. Karena kandungan kalsium dan mineral dalam daun katuk sangat membantu ibu hamil dan ibu menyusui untuk memproduksi ASI lebih banyak.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Salah satu kandungan yang terdapat dalam daun katuk adalah vitamin C. Karena vitamin C tersebut mampu membuat daya tahan tubuh Anda meningkat. Sama halnya dengan cara pemakaian daun katuk diatas, Anda bisa memasak daun katuk menjadi sayur atau oseng-oseng.

Mencegah osteoporosis
Manfaat daun katuk selanjutnya adalah mencegah osteoporosis. Sehingga bagi Anda yang sudah mencapai usia dewasa, karena daun katuk sangat bagus untuk mencegah keroposan pada tulang. Hal ini disebabkan karena daun katuk mengandug kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang.
 
Mencegah gangguan mata
Salah satu khasiat daun katuk adalah untuk menjaga kesehatan mata agar gangguan pada mata bisa di minimalisir. Karena dalam daun katuk terdapat vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata Anda.
Meningkatkan produksi sperma
Salah satu kegunaan daun katuk untuk kaum laki-laki adalah untuk menambah produksi sperma, karena daun katuk mengandung fitokimia yang mampu meningkatkan produksi sperma dan meningkatkan kesuburan para pria.
Mengatasi darah kotor Untuk mengatasi darah kotor pada perempuan, Anda bisa menggunakan daun katuk agar sirkulasi darah Anda lancar dan tidak ada darah kotor yang terdapat pada sistem reproduksi wanita. Anda bisa mengkonsumsi daun katuk dengan memasaknya menjadi sayuran.

Daun katuk mudah ditemukan di mana saja di Indonesia, bisa didapatkan di pasar tradisional atau modern. Daun katuk merupakan salah satu sayuran murah yang memiliki segudang manfaat di dalamnya. Maka tidaklah rugi jika anda sering mengkonsumsi sayuran yang satu ini.

Resep Daun Katuk untuk ASI :

RESEP SAYUR BENING JAGUNG KATUK
Bahan:
  • 1 ikat daun katuk, cuci dan siangi
  • 1 buah jagung manis, pipil
  • 2 buah wortel, iris melingkar
  • bawang merah, iris tipis
  • daun salam
  • garam halus
  • gula pasir
  • air secukupnya
Cara membuat:
  1. Panaskan air dalam panci, masukkan bawang merah yang sudah diiris tipis, dan daun salam. Lalu masukkan wortel dan jagung pipil. Biarkan sampai mendidih dan wortel menjadi lebih empuk.
  2. Masukkan daun katuk, tambahkan gula dan garam lalu masak hingga matang.
  3. Sayur bening siap disajikan.

Share this:

Enter your email address to get update from Rogerhaus - Portal Kesehatan.

1 comment

Yang butuh bibit Daun Katuk dan Delima (putih, merah ungu/hitam) bisa hubungi kami di chasiapro@gmail.com atau 082136712513 Siap kirim ke seluruh Indonesia. Trims Prabowo Jogja, Jakarta, Bandung, Medan, Denpasar, Balikpapan

Rogerhaus adalah portal berita kesehatan yang ditulis sendiri menurut pengalaman selama ini, terima kasih telah berkunjung. Silakan beri opini Anda tentang artikel ini.

Copyright © 2015. Rogerhaus - Portal Kesehatan - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger