logo blog
Advertise 728x90

Manfaat Seledri untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Seledri untuk Kesehatan Tubuh

Seledri merupakan tanaman dari keluarga Apiaceae dan merupakan tanaman yang dapat ditemukan di seluruh dunia. Beberapa negara termasuk Jepang, Cina dan Korea mempergunakan bagian tangkai daun sebagai bahan makanan. Di Indonesia tumbuhan ini diperkenalkan oleh penjajah Belanda dan digunakan daunnya untuk menyedapkan sup atau sebagai lalap. Penggunaan seledri paling lengkap adalah di Eropa: daun, tangkai daun, buah, dan umbinya semua dimanfaatkan (wikipedia)

Dalam hal kuliner, hal ini paling sering ditemukan dalam sup dan salad, atau sebagai hiasan untuk hidangan tertentu. Selain itu, umumnya dimakan sebagai camilan, karena cukup mengisi, tapi tidak menggemukkan.
Seledri mengandung mineral seperti kalsium, natrium, tembaga, magnesium, zat besi, seng, kalium. Ini mengandung asam lemak dan vitamin termasuk vitamin A, C, E, D, B6, B12, dan vitamin K. Hal ini juga mengandung thiamin, riboflavin, asam folat, dan serat.
 
Beberapa manfaat yang terkandung di dalam seledri :
  • Menurunkan tekanan darah. Seledri mengandung pthalides, yang merupakan senyawa kimia organik yang dapat menurunkan tingkat hormon stres dalam darah Anda. Hal ini memungkinkan pembuluh darah Anda untuk memperluas, memberikan darah Anda lebih banyak ruang untuk bergerak, sehingga mengurangi tekanan. Ketika tekanan darah berkurang, menempatkan kurang tekanan pada seluruh sistem kardiovaskular, dan mengurangi kemungkinan terkena aterosklerosis, atau menderita serangan jantung atau stroke.
  • Seledri Menurunkan kolesterol.
  • Antiseptik: biji Seledri membantu dalam penghapusan asam urat karena umumnya digunakan untuk sifat diuretik, yang berarti bahwa itu merangsang buang air kecil. Oleh karena itu, seledri baik untuk orang-orang dengan gangguan kandung kemih, masalah ginjal, sistitis, dan kondisi serupa lainnya. Biji Seledri juga membantu dalam mencegah infeksi saluran kemih pada wanita.
  • Mencegah kanker: Seledri juga mengandung coumarin yang meningkatkan aktivitas sel-sel darah putih tertentu, yang secara efektif dapat mencegah kanker juga. Komponen-komponen antioksidan mencari radikal bebas mengambang dalam tubuh dan organ merusak dan menetralisir mereka sebelum mereka dapat menyebabkan perkembangan kondisi serius seperti kanker.
  • Peningkatan sistem kekebalan: Seledri kaya akan vitamin C, yang sangat meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh. Dirangsang oleh aktivitas antioksidan lainnya dalam seledri, menjadi lebih aktif dan efisien. Karena tingginya kandungan vitamin C dalam seledri, makan secara teratur dapat mengurangi risiko Anda menangkap pilek, serta melindungi Anda terhadap berbagai penyakit lainnya.

Share this:

Enter your email address to get update from Rogerhaus - Portal Kesehatan.

No comments

Rogerhaus adalah portal berita kesehatan yang ditulis sendiri menurut pengalaman selama ini, terima kasih telah berkunjung. Silakan beri opini Anda tentang artikel ini.

Copyright © 2015. Rogerhaus - Portal Kesehatan - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger