logo blog
Advertise 728x90

Jet lag atau Mabuk Pasca Terbang dan Pencegahannya

Jet lag atau Mabuk Pasca Terbang dan Pencegahannya

Tergerak untuk menyusun artikel ini setelah baca sebuah status di Instagram tentang Jetlag, sehingga mulai kesana kemari utk mencari apa itu Jetlag. Maklum mungkin terlalu kuper..alias kurang pergaulan. Dari sebuah kamus dinyatakan bahwa Jet lag adalah sebuah gangguan sementara yang menyebabkan kelelahan, insomnia, dan gejala lain akibat dari perjalanan udara melintasi zona waktu yang cepat. Gejala lain jet lag meliputi kecemasan, sembelit, diare, kebingungan, dehidrasi, sakit kepala, lekas marah, mual, berkeringat, masalah koordinasi, dan bahkan kehilangan memori. Beberapa individu dapat melaporkan gejala tambahan, seperti detak jantung abonormal dan peningkatan kerentanan terhadap penyakit.

Ketika Anda terlalu sering menggunakan transportasi pesawat terbang maka dapat timbul dampak jet lag atau disebut juga sebagai mabuk pasca terbang. Jet lag dapat timbul ketika Anda sudah turun dari penerbangan dengan menggunakan pesawat. Dampak jet lag ini dapat bertahan sampai berhari-hari. Maka dari itu salah satu dampaknya adalah membuat Anda susah tidur. Jet lag dapat muncul pada saat Anda melakukan perjalanan panjang dan lama menggunakan pesawat terbang, atau biisa juga karena Anda mabuk udara. Untuk itu, jika Anda adalah orang yang sering jet lag setelah menggunakan jasa pesawat terbang, ada baiknya Anda mengganti jenis transportasi yang Anda gunakan, yaitu bisa melalui transportasi darat maupun laut.

Kondisi jet lag kerap kali dialami oleh turis saat traveling. Perbedaan waktu yang cukup jauh menjadi pemicu utama mengapa jet lag bisa terjadi. Bagi anda traveler atau turis yang kerap kali bulak-balik ke luar negri untuk urusan bisnis. Sering kali di serang oleh kondisi jet lag tentu akan sangat mengganggu. Apalagi saat anda dituntut untuk bertindak professional dan tepat waktu.

Jet lag merupakan gangguan biorhythmic jam tubuh yang berarti rutinitas tubuh yang biasanya memiliki jam-jam tertentu untuk makan ataupun tidur menjadi terganggu. Kondisi seperti ini biasanya banyak dialami oleh seseorang yang melakukan perjalanan dari satu zona waktu ke zona lain dengan waktu yang jauh berbeda. Kondisi seperti ini bisa saja mengganggu dan membuat para penderitanya merasa begitu lelah. Untuk menyesuaikan diri dengan zona waktu yang baru tubuhpun membutuhkan waktu. Kondisi jet lag biasanya banyak menyerang orang-orang yang melakukan perjalanan ke luar negeri dengan perbedaan zona waktu yang amat jauh dari tempat asalnya.

Jet lag bisa dicegah dan diatasi dengan cara ini.
1.    Sesuaikan Jam Pribadi Anda
2.    Sempatkan Istirahat Sebelum Pergi
3.    Tambah Cairan Tubuh Anda
4.    Konsumsi Suplemen Bila Perlu
5.    Makan Dengan Baik
6.    Sesuaikan Waktu Saat Mendarat
7.    Biarkan Tubuh Terkena Sinar Matahari
8.    Sebaiknya Jangan Langsung Tidur
9.    Pilihlah Penerbangan Malam

Syndrome jet lag bisa saja terjadi dalam waktu lebih dari 3 hari tergantung seberapa jauh perjalanan yang anda lakukan. Untuk itu, mempersiapkan diri dengan melakukan beberapa hal diatas akan sangat membantu anda dalam mencegah dan mengatasi timbulnya syndrome jet lag yang bisa begitu mengganggu.

Share this:

Enter your email address to get update from Rogerhaus - Portal Kesehatan.

No comments

Rogerhaus adalah portal berita kesehatan yang ditulis sendiri menurut pengalaman selama ini, terima kasih telah berkunjung. Silakan beri opini Anda tentang artikel ini.

Copyright © 2015. Rogerhaus - Portal Kesehatan - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger