logo blog
Advertise 728x90

Daun Selada Kaya Manfaat

Daun Selada Kaya Manfaat

Selada biasanya dikonsumsi banyak orang sebagai lalapan saja, walaupun mungkin juga ada yang memasaknya. Selada  mengandung nutrisi dan vitamin, asam folat, dan finonutien yang tak kalah dengan jeruk ataupun bayam. Kandungan selada ternyata dapat melindungi paru-paru, mencegah kanker dan stroke, memelihara hati, serta mengatasi anemia dan bronkitis. Selada memiliki nama latin Lactuca Sativa dan termasuk ke dalam keluarga Asteraceae.

Menilik kandungan gizinya, selada merupakan sayuran yang kaya akan vitamin. Selada segar mengandung vitamin A dan betakaroten. Vitamin A yang terkandung dalam selada dapat dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan kulit dan penglihatan mata agar tetap sehat seta menjaga imunitas tubuh atau kekebalan tubuh. Selain itu, selada juga merupakan sumber berbagai jenis mineral seperti zat besi, mangan, tembaga, kalsium, kalium,  magnesium dan potassium. Kalium bermanfaat untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Sementara kalsium bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi. Sedangkan tembaga dan zat besi dapat membantu produksi sel darah merah dalam tubuh.

Manfaat selada :

1. Mengurangi Resiko Kerusakan DNA.
2. Mencegah Penuaan Dini. Selada mengandung zeaxanthin yang juga memiliki sifat antioksidan. Zat ini mampu mencegah penuaan dini pada manusia.
3. Meningkatkan Kesuburan. Selada segar juga kaya akan folat dan vitamin C. Folat dapat menigkatkan kesehatan janin selama masa kehamilan dan juga meningkatkan kesehatan reproduksi bagi pria maupun wanita. Sedangkan vitamin C yang ada pada selada, mampu meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh sehingga mampu menghalau serangan penyakit.
4. Menurunkan Resiko Kanker. Hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, menemukan adanya senyawa phenylethyl isothiocyanate (PEITC) dalam selada air yang memiliki sifat anti kanker yang signifikan. Selain itu, hasil penelitian lain juga menunjukkan bahwa kandungan senyawa phenylethyl isothiocyanate (PEITC) dalam selada air mampu menekan perkembangan sel kanker payudara. Kandungan manfaat vitamin A dan C pada selada air juga dapat melindungi kulit dari kerusakan berbahaya, yang dipicu oleh paparan sinar matahari yang berlebih dan dipercaya sebagai penyebab terjadinya kanker kulit.

5. Pencegah Tumor. Sebuah studi yang dilakukan di University of Southampton menemukan bahwa PEITC dalam selada air juga mampu menurunkan resiko terjadinya tumor. Saat tumor mulai berkembang dalam tubuh, senyawa tersebut dapat dengan cepat mengatasi pasokan darah yang ada.Hal ini akan membuat aktivitas jaringan tubuh menjadi normal dan dapat mengirimkan pembuluh darah baru ke tumor untuk memberikan manfaat oksigen dan nutrisi-nutrisi lainnya.

6. Menurunkan Kolesterol dan Berat Badan. Selada air merupakan sejenis sayuran berdaun hijau sangat rendah kalori (hanya 11 kalori per daun mentah 100 g) dan nyaris tak ada lemak di dalamnya. Oleh karena itu para ahli gizi sangat menganjurkan untuk mengkonsumsi selada air guna mengendalikan kolesterol dalam tubuh, serta pengendalian berat badan.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh. Selada air yang masih segar memiliki konsentrasi asam karbonat (Vitamin C) yang lebih tinggi dari beberapa jenis buah-buahan dan sayuran.

8. Menjaga Kesehatan Tulang. Selada air merupakan sumber penghasil alami vitamin K dan manfaat kalsium.

9. Mengurangi Resiko Kerusakan Pada Saraf Otak (Alzheimar). Kadar vitamin-K dalam selada air membantu mengurangi resiko kerusakan saraf di otak, dengan demikian selada air dapat berperan dalam pengobatan pasien yang menderita penyakit Alzheimer.

10. Mengontrol Fungsi Jantung dan Tekanan Darah. Selada air juga merupakan jenis sayuran yang kaya akan mineral seperti tembaga, kalsium, kalium, magnesium, mangan dan fosfor. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Share this:

Enter your email address to get update from Rogerhaus - Portal Kesehatan.

No comments

Rogerhaus adalah portal berita kesehatan yang ditulis sendiri menurut pengalaman selama ini, terima kasih telah berkunjung. Silakan beri opini Anda tentang artikel ini.

Copyright © 2015. Rogerhaus - Portal Kesehatan - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger