logo blog
Advertise 728x90

Daun cincau hitam dan manfaat buat kesehatan | Daun janggelan

Daun cincau hitam dan manfaat buat kesehatan | Daun janggelan

daun cincau hitam jakarta
Cincau adalah gel serupa agar-agar yang diperoleh dari perendaman daun (atau organ lain) tumbuhan tertentu dalam air. Gel terbentuk karena daun tumbuhan tersebut mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air.
Kata "cincau" sendiri berasal dari dialek Hokkian sienchau (Hanzi: ไป™่‰, pinyin: xiancao) yang lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa di Asia Tenggara. Cincau sendiri di bahasa asalnya sebenarnya adalah nama tumbuhan (Mesona spp.) yang menjadi bahan pembuatan gel ini.Cincau paling banyak digunakan sebagai komponen utama minuman penyegar (misalnya dalam es cincau atau es campur). Dilaporkan juga cincau memiliki efek penyejuk serta peluruh (Wikipedia)

Cincau hitam merupakan sejenis agar-agar berwarna hitam kecoklat-coklatan yang biasa dimakan sebagai makanan pencuci mulut atau sekadar pelepas dahaga. Agar cincau hitam biasanya dipotong kotak-kotak kecil lalu dicampurkan dalam sirup encer dingin. Kadang juga ditambahkan parutan kelapa muda serta potongan buah-buahan.
Minuman cincau hitam sudah sangat terkenal di berbagai kalangan masyarakat Indonesia, masuk dalam menu minuman di warung sederhana pinggir jalan sampai ke restoran-restoran maupun hotel.

Manfaat cincau hitam cukup beragam. Cincau hitam sudah biasa digunakan dalam pengobatan tradisional untuk obat batuk, tekanan darah tinggi, diare, sembelit, menurunkan demam, mengobati panas dalam, menjaga kesehatan sistem pencernaan, mengatasi perut kembung, dan membantu mengobati malaria.
Cincau hitam juga sangat membantu bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Ini karena cincau punya karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin (A,B1, dan C), sejumlah banyak air, dan kalorinya yang rendah. Kandungan mineral juga seratnya yang tinggi merupakan alasan utama mengapa cincau hitam aman dijadikan menu selingan saat menjalani diet.

Manfaat cincau hitam dapat didapatkan secara maksimal apabila dikonsumsi tanpa tambahan gula atau pemanis lainnya. Kandungan serat larut air miliki cincau hitam mampu mengikat gula, lemak, dan kolesterol sehingga bermanfaat dalam menurunkan risiko diabetes melitus, penyakit jantung, stroke, juga penyakit kardiovaskular lainnya.
Serat juga sangat berguna untuk membersihkan organ-organ pencernaan sehingga cocok untuk menyembuhkan masalah pencernaan seperti mulas, sembelit, kembung, dan diare.

Berbeda dengan cincau hijau yang dibuat dari tumbuhan cincau hijau (Cylea barbata), cincau hitam terbuat dari tumbuhan genus Mesona, khususnya Mesona procumbens dan Mesona chinensis yang banyak terdapat di Tiongkok. Sedangkan di wilayah Indonesia, tanaman cincau Mesona palustris—yang punya nama lokal Janggelan—adalah tanaman penghasil cincau hitam.

Hubungi Kami :
Koyokaki Jakarta | Distributor Bahan Baku Herbal | WEBSITE RESMI
Siap melayani lokal dan ekspor
085881200871  :: 7cde7bd3 :: koyokakijakarta@gmail.com

Share this:

Enter your email address to get update from Rogerhaus - Portal Kesehatan.

No comments

Rogerhaus adalah portal berita kesehatan yang ditulis sendiri menurut pengalaman selama ini, terima kasih telah berkunjung. Silakan beri opini Anda tentang artikel ini.

Copyright © 2015. Rogerhaus - Portal Kesehatan - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger