logo blog
Advertise 728x90

Cara mengobati radang sendi atau artritis

Cara mengobati radang sendi atau artritis

Artritis (radang sendi) adalah penyebab utama ketidakmampuan di AS. Diperkirakan, 1 dari 5 orang di AS mengidap beberapa jenis artritis, 3 jenis yang paling sering menyebabkan kerusakan sendi adalah Osteoatritis  (OA), Artritis Rematoid, dan Artritis akibat luka trauma.
OA, orang awam biasa menyebut dengan istilah pengapuran tulang adalah penyakit yang terjadi karena ausnya permukaan sendi yang normalnya halus. 


Hal ini mengakibatkan terjadinya kontak langsung antara tulang dengan tulang sehingga menghasilkan rasa sakit dan kekakuan.
OA terjadi pada daerah yang pergerakannya luas, misalnya daerah ekstremitas bawah seperti sendi lutut dan sendi panggul. Selain karena daerah ini memiliki pergerakan yang luas , juga karena lutut dan panggul harus menanggung beban tubuh.
Penyebab terjadinya OA karena bantalan antara ruas tulang belakang (diskus) yang berisi air sudah mengering dan menipis sehingga tidak berfungsi. Akibatnya, tulang diatas dan dibawah tulang bantalan saling bergesekan, mengalami radang, sehingga timbul penulangan baru (osteofit) atau yang dikenal dengan pengapuran.
Selain OA, jenis Artritis yang lain yang paling menyebabkan kerusakan pada sendi adalah artritis rematoid,yaitu penyakit sistemik yang dapat menyerang seluruh persendian dalam tubuh,  biasanya lebih banyak menyerang wanita dibanding pria, dan bisa menyerang tua atau muda. Sebab lain, artritis akibat luka trauma disebabkan oleh rusaknya sendi yang diakibatkan luka-luka yang sebelumnya. Ini juga mengakibatkan kerusakan pada sendi, rasa sakit, sehingga hilangnya kemampuan mobilitas (pergerakan).

Buah noni atau morinda citrifolia telah lama diketahui mengandung zat anti peradangan. Oleh karena itu, banyak riset yang dilakukan untuk membuktikan keampuhan noni pada kasus peradangan sendi. Beberapa riset tersebut dilakukan di negara-negara Eropa seperti Perancis. Dari hasil penelitian tersebut, diketahui bahwa noni mengandung scopoletin yang memiliki efek anti peradangan dan menghambat histamine. Oleh karena itu Tahitian noni sangatlah baik sebagai obat untuk arthritis.

Namun, perlu diperhatikan dosis yang dianjurkan karena walaupun COX2 adalah  pemeran utama dalam timbulnya rasa nyeri, COX2 dibutuhkan untuk memberikan keseimbangan agar sel-sel darah yang disebut platelet tidak saling lengket dan menggumpal. Oleh karena itu, janganlah berlebihan untuk mencapai keseimbangan

Share this:

Enter your email address to get update from Rogerhaus - Portal Kesehatan.

No comments

Rogerhaus adalah portal berita kesehatan yang ditulis sendiri menurut pengalaman selama ini, terima kasih telah berkunjung. Silakan beri opini Anda tentang artikel ini.

Copyright © 2015. Rogerhaus - Portal Kesehatan - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger