logo blog
Advertise 728x90

Mengenal Penyakit Rabun Jauh

Mengenal Penyakit Rabun Jauh



Rabun jauh atau miopi menjadi salah satu kelainan mata yang paling umum menyerang semua orang di dunia. Bahkan miopi tidak hanya terjadi pada orang dewasa dan orang tua namun juga untuk anak-anak dan remaja yang masih dalam masa sekolah aktif.

Kelainan miopi merupakan sebuah kelainan yang menyebabkan mata tidak bisa melihat dengan jelas benda-benda yang terletak dalam jarak yang jauh namun tetap bisa melihat jelas untuk benda yang berjarak dekat.

Miopi paling cepat menjadi lebih parah pada anak-anak dan remaja yang masih sekolah karena mereka lebih sering melihat objek dengan benda jauh dan berbagai aktifitas yang berhubungan dengan komputer.

Gejala Rabun Jauh

Anaka-anak dan remaja sering tidak memperhatikan bahwa sebenarnya mereka terkena miopi. Namun orang tua bisa menyadari kelainan ini dengan melihat penurunan prestasi yang terjadi dalam waktu yang lebih cepat dan sulit untuk berkonsentrasi. Beberapa gejala miopi yang paling mudah dikenali adalah:

  1. Tidak bisa fokus ketika melihat benda yang terletak pada jarak jauh sehingga pandangan akan mudah kabur dan tidak jelas.
  2. Mata menjadi lebih jelas melihat setelah mengusap kelopak mata atau menyipitkan sebagian mata.
  3. Mata menjadi lebih mudah lelah sehingga sering pusing ketika membaca atau melihat lingkungan dengan jarak yang jauh.
  4. Mata mengalami gangguan ketika mengendarai kendaraan terutama saat malam hari.
  5. Mual dan muntah dalam kondisi tertentu ketika benar-benar mata sedang sangat lelah.

Pencegahan untuk Miopi

Rabun jauh atau miopi sebenarnya adalah kelainan mata yang bisa dicegah. Meskipun sering ditemukan beberapa kasus bahwa anak-anak yang dilahirkan dari orang tua yang mengalami kelainan mata juga akan mendapatkan jenis kelainan yang sama atau bahkan lebih parah. Berikut ini adalah beberapa usaha yang bisa dilakukan untuk mencegah miopi baik untuk anak-anak maupun orang tua.

a. Melakukan pemeriksaan mata secara teratur untuk mengetahui kemungkinan masalah kelainan mata, tingkat fokus mata dan berbagai jenis kelainan lain yang bisa menyebabkan miopi.

b. Melakukan pencegahan dari beberapa penyakit yang sudah diderita seperti penderita diabetes harus sering melakukan pemeriksaan kadar gula darah dan pemeriksaan mata untuk mencegah komplikasi termasuk rabun jauh.

c.Selalu gunakan kacamata ketika Anda mengendarai kendaraan dibawah sinar matahari atau saat siang hari, atau ketika Anda harus bekerja di luar dan terkena sinar matahari secara langsung.

d. Gunakan beberapa alat untuk melindungi mata ketika sedang melakukan beberapa aktifitas yang berbahaya seperti menggunakan mesin pemotong rumput, resiko potensi terkena bahan kimia dari pekerjaan, mengecat, mengelas dan berbagai jenis olahraga.

e. Biasakan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang banyak mengandung vitamin A karena vitamin A sangat bagus untuk mendukung kesehatan mata. Beberapa makanan yang perlu untuk dikonsumsi adalah buah dengan warna oranye, sayuran hijau, ikan tuna dan salmon.

Share this:

Enter your email address to get update from Rogerhaus - Portal Kesehatan.

No comments

Rogerhaus adalah portal berita kesehatan yang ditulis sendiri menurut pengalaman selama ini, terima kasih telah berkunjung. Silakan beri opini Anda tentang artikel ini.

Copyright © 2015. Rogerhaus - Portal Kesehatan - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger