logo blog
Advertise 728x90

Manfaat Lobak untuk Kesehatan

Manfaat Lobak untuk Kesehatan

Manfaat Lobak untuk Kesehatan

Apakah Anda pernah makan lobak? Lobak memang menjadi jenis sayuran yang kurang terkenal dibandingkan dengan jenis sayuran lain. Jenis lobak yang banyak ditemukan di sekitar kita adalah lobak putih atau lebih sering disebut dengan lobak jepang atau lobak daikon.

Lobak bisa dikonsumsi dengan menjadi olahan segar seperti asinan atau manisan. Tapi lobak juga bisa menjadi olahan sup dan sayuran kering. Lobak paling sesuai jika dimasak setelah dipetik atau tidak lebih dari 48 jam setelah dipetik.

Lobak yang sudah dipetik terlalu lama biasanya rasanya kurang segar dan ada sedikit rasa pahit sehingga tidak enak untuk dimakan. Makan buah lobak ternyata membawa manfaat yang sangat penting untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat makan buah lobak untuk kesehatan tubuh.

Melindungi Tubuh dari Kanker

Dalam sebuah potongan lobak ditemukan sebuah senyawa yang disebut dengan nama glukosinates. Senyawa ini bekerja dengan baik untuk membantu tubuh dalam melawan perkembangan sel kanker sehingga bisa menurunkan resiko tubuh terkena kanker.

Jenis senyawa glukosinates adalah senyawa yang hanya bisa Anda dapatkan dari jenis sayuran persilangan atau campuran dua jenis sayuran. Glukosinates menjadi senyawa yang bisa melindungi sel kanker karena mencegah terjadinya mutasi sel yang jika terjadi menyebabkan kanker.

Lobak Memelihara Jantung

Lobak juga bisa membantu tubuh dalam memelihara jantung karena mengandung vitamin C dalam jumlah yang sangat tinggi. Vitamin C adalah jenis vitamin yang sangat penting untuk membantu tubuh dalam mengendalikan kadar kolesterol, membuat produksi kolagen yang berfungsi untuk mendukung sistem kerja pembuluh darah.

Bahkan vitamin C juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh, membantu proses metabolisme, dan meningkatkan proses penghancuran lemak menjadi sumber energi untuk tubuh.

Lobak Menjaga Sistem Pencernaan Tetap Sehat

Pencernaan yang sehat berarti juga membuat tubuh menjadi lebih sehat. Kesehatan pencernaan banyak membutuhkan jumlah serat khusus yang didapatkan dari makanan secara alami. Lobak adalah jenis makanan yang mengandung serat alami dalam jumlah yang sangat tinggi dan bisa membantu tubuh dalam menurunkan berat badan.

Serat juga akan membantu tubuh dalam mempertahankan tingkat kekenyangan yang berarti bisa menurunkan konsumsi kalori. Karena itulah lobak yang mengandung serat tinggi sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Lobak Mengatur Tekanan Darah

Lobak mengandung kalium dalam jumlah yang cukup tinggi. Kalium sangat penting untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat karena bisa menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan dinding pembuluh darah dan membuat pembuluh darah menjadi lebih santai dan tidak terlalu kencang. Lobak bisa menjadi makanan penting untuk penderita hipertensi dan mampu menurunkan resiko stroke dan penyakit jantung.

Share this:

Enter your email address to get update from Rogerhaus - Portal Kesehatan.

1 comment

Rogerhaus adalah portal berita kesehatan yang ditulis sendiri menurut pengalaman selama ini, terima kasih telah berkunjung. Silakan beri opini Anda tentang artikel ini.

Copyright © 2015. Rogerhaus - Portal Kesehatan - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger